Home » , , , » Profil Madrasah

Profil Madrasah

Written By MA MA'ARIF AL-ISHLAH on Rabu, 20 Mei 2009 | 05.42


MADRASAH ALIYAH MA’ARIF
“AL-ISHLAH”

NSM : 312.35.02.03.202
STATUS TERAKREDITASI B

JL. BUNGKAL-NGRAYUN TELEPON (0352) 371690 KALISAT-BUNGKAL-PONOROGO

PROFIL
MADRASAH ALIYAH MA’ARIF “AL-ISHLAH”
KALISAT BUNGKAL PONOROGO


A. PENDAHULUAN

Madrasah Aliyah Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo berdiri pada tahun 1989 dengan nomer : 10 / MA / II / 1989. Bernaung dibawah dibawah Yayasan Islam Al-Ikhlas, merupakan salah satu dari sekian Madrasah Aliyah yang ada di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo.
Madrasah Aliyah Al-Ishlah sebagai Yayasan Islam Al-Ikhlas menggunakan metode Pembelajaran berdasarkan kurikulum dari Pemerinah dan yayasan dengan pendekatan berbasis kompetensi yang mulai diberlakukan pada tahun 2004 dan disempurnakan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

B. STATUS MADRASAH
Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Ishlah sejak awal berdirinya sesuai dengan ijin pendirian Madrasah dari Kantor Wilayah Departemen Agama RI No. Wa 06.0400.0352/58.14/1989 dengan Nomer Satatistik Madrasah (NSM) 312.35.02.03.203 tahun berdiri 1989.
Sesuai dengan jenjang akreditasi dari Departemen Agama RI dengan Nomer B/E.IV/MA/1438/2000 Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Ishlah Satus Diakui, sesuai Sertifikat Nomer Identitas Sekolah (NIS) Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Ponorogo Nomer 31.00.10., dan pada tahun 2005 Status Madrasah menjadi Terakreditasi B.

C. VISI

BERIMAN, BERILMU PENGETAHUAN DAN BERTEHNOLOGI

D. MISI

Melaksanakan pembelajaran Pembimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat belajar secara optimal sesuai potensi yang dimiliki.
Menumbuhkan penghayatan terhadap pendidikan dan ajaran Agama Islam, Al-Qur’an, Hadist dan Ahlussunah Wal Jama’ah sebagai sumber kearifan dalam segala tindakan dan menanamkan wawasan keagamaan haluan ahlusunah waljama’ah.
Menumbuhkan semangat keunggulan secara optimal kepada seluruh warga Madrasah.
Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
Menerapkan menejemen partisifasi dengan melibatkan seluruh warga Madrasah dan Komite Sekolah.
Mendorong dan membimbing siswa untuk melaksanakan ibadah secara tertib Berakhlakul Karimah dan melaksanakan Syari’at Islam yang berhaluan Ahlusnah waljama’ah.

E. TUJUAN MADRASAH

Menumbuhkembangkan Sikap dan Amaliyah Keagamaan Islam.
Memberi bekal kemampuan dasar dan ketrampilan tertentu untuk melaksanakan tugas hidupnya dalam masyarakat.
Memberi bekal keamampuan pengetahuan, pengalaman dan sikap yang diperlukan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Mampu mendorong kemampuan tehnologi.
Berakhlakul Karimah

F. TARGET

Tercapainya kegiatan di madrasah yang terencana dan terarah dengan acuan menejemen yang baik.
Meningkatkan kualitas para guru dan jajaran pengelola Madrasah lainnya, sehingga memungkinkan terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif dan menciptakan out put yang handal.
Berfungsinya unit-unit pendidikan baik yang berkaitan dengan kegiatan murid, guru dan kepala sekolah serta seluruh jajaran pengelola dan masyarakat, baik unit organisasional maupun fungsional, sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama yang baik dan terbangunnya rasa tanggungjawab bersama-sama dengan kita.

G. SASARAN

Sasaran kegiatan peningkatan manajemen mutu pendidikan ini adalah majemen pendidikan yang dijalankan oleh madrasah. Oleh karena itu seluruh komponen yang terlibat didalamnya mulai dari Kepala Madrasah, Guru, Murid serta seluruh jajarannya pengelola Komite Madrasah dan masyarakat dilingkungan madrasah sekitar, seluruh kegunaan yang dikembangkan dari komponen apa saja yang terlibat akan dijelaskan lebih jauh dalam bab selanjutnya.
Dengan demikian kegiatan peningkatan manajemen mutu pendidikan yang bersifat menyeluruh, tidak hanya meningkatkan kwalitas belajar mengajar sebagai sarana tunggal tetapi juga seluruh faktor yang mendukung baik internal maupun external.


H. JENIS KEGIATAN INTRA DAN EKSTRA
NO
JENIS KEGIATAN
WAKTU
KETERANGAN
1
HARIAN
07.00 - 07.15
07.15 - 13.00
12.00 - 12.20
Membaca Al-Qur’an
Kegiatan Belajar Mengajar
Jama’ah Sholat Dhuhur
2
MINGGUAN
10.00 - 13.00
14.00 - 16.00
14.00 - 16.00
14.00 - 16.00
14.00 - 16.00
Muhadloroh setiap hari Sabtu
Pramuka setiap hari Kamis
Pelatihan Qiro’atul Qur’an setiap hari Jum’at
Latihan Hadroh setiap hari Sabtu
Kursus Bordir setiap hari Senin s/d Sabtu
Komputer
3
BULANAN
07.15 – 09.00
Tahlil minggu kedua
4

TAHUNAN

1. Akhirusannah
2. Pengajian Akbar
3. Pertemuan wali murid
4. Tasyakuran
5. Perkemahan
6. Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)


Bungkal. 5 Januari2009
Kepala Madrasah

SUBANDI
Share this article :

2 komentar:

Comments

Template Information

Label 6

 
Copyright @MA-Al-Ishlah Admin by Mashdar